• home
Home » » Sejarah Peradaban Kuno Di Asia Dan Afrika : India Kuno, Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris, Nil, Hwang Ho

Sejarah Peradaban Kuno Di Asia Dan Afrika : India Kuno, Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris, Nil, Hwang Ho

Artikel dan Makalah tentang Sejarah Peradaban Kuno Di Asia Dan Afrika : India Kuno, Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris, Nil, Hwang Ho - Manusia yang tergabung dalam kelompok di suatu daerah, baik kecil maupun besar memiliki pola kehidupan yang berbeda satu sama lainnya, perbedaan ini sangat dipengaruhi oleh kondisi alam. Adanya ketergantungan manusia dengan alam melahirkan sebuah peradaban. Pada peradaban kuno di Asia dan Afrika perkembangannya dapat ditemui di sekitar sungai-sungai besar.

Pengertian kebudayaan berbeda dengan peradaban. Kebudayaan lebih kepada bentuk fisik yang dapat dirasakan oleh panca indera, sedangkan peradaban adalah penilaian terhadap hasil kebudayaan yang mengandung nilai-nilai yang luhur. Oleh sebab itu, sudah semestinya kita di masa sekarang harus menjaga dan
melestarikan nilai-nilai luhur tersebut. Kebudayaan manusia sudah dikenal di masa lalu di masa-masa prasejarah dengan ditemukannya artefak-artefak sisa peninggalan manusia waktu itu.

A. Peradaban India Kuno

1. Peradaban Sungai Indus atau Shindu





Ketergantungan manusia dengan alam melahirkan suatu peradaban di kawasan tertentu. Kawasan yang berada di sekitar sungai terasa lebih maju bila dibandingkan dengan kawasan lainnya, hal ini disebabkan oleh adanya kemampuan suatu bangsa untuk menangani tantangan alam ketika alam dipakai untuk memenuhi kebutuhan.

Peradaban kuno di Asia dan Afrika terlahir di wilayah lembah sungai. Bangsa yang menempati daerah tersebut merasakan suburnya lahan di wilayah itu dan sangat cocok untuk dipakai bercocok tanam. Sehingga muncullah sebuah kota atau negeri agraris dengan menciptakan tanggul, kanal banjir dan sistem irigasi yang baik. Ilmu pengetahuan yang berasal dari lima lokasi peradaban di Asia dan Afrika merupakan peletak dasar ilmu pengetahuan dunia, terbukti dengan ditemukannya sistem penanggalan, ilmu hitung, filsafat dan ilmu takaran.

Saat kita ditemukan sebuah peninggalan sejarah masa lalu dapat menciptakan rasa kemanusiaan. Perkembangan ilmu pengetahuan, politik, ekonomi dan hukum di masa lalu dapat dijadikan sebagai referensi untuk diambil hikmah yang bijak dan direnungkan di masa kini.

Anda sekarang sudah mengetahui Peradaban Kuno Di Asia Dan Afrika. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Hendrayana. 2009. Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1 Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 202.

0 comments:

Label

Agama dan Kepercayaan (1) Analisis Numerik (1) Antropologi (1) Apa itu RME Realistic Mathematics Educations (1) Blogger (2) Budaya (1) Buku Tes IQ (1) Bus Antar Kota (1) Cake In Jar (1) CARA HITUNG CEPAT DENGAN ANGKA 9 (1) Contoh Pidato. (1) CONTOH SOAL UN 2008 SMK (1) Dampak Negatif (1) Enzim (1) Famili (1) Favorite Stories (2) Fermentasi (1) Folktales (2) Fungi (1) Geguritan (1) Hiburan (2) Holiday (1) Ikan (1) Info Sehat (5) Iptek (1) JJCM (2) Kek (3) Kek RVC (3) Keluarga (4) Kesehatan (2) Kesenian (10) Kisah Bocah SD Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika (1) Kuliner (2) Kumpulan Soal Ujian Untuk Sekolah Dasar (1) Labil (1) Lauk Pauk (1) Lirik (1) Matematika SD (2) Matematika SMA (8) Matematika SMK (1) Matematika SMP (7) Mathematic for Kids (1) Metabolisme (1) METODE BELAJAR (1) Muffin Cupcake (2) Musik (1) news (6) Olahraga (2) Operator Matematika (1) Opini (1) Pendidikan (2) PERANAN MATEMATIKA BAGI PENDIDIKAN NILAI (SIKAP) ANAK (1) Pernak Pernik (1) Persamaan Kuadrat (1) Pertanian (1) Protista (1) Puisi (1) Pupuk (1) Puzzle yang Rumit (1) Religi (2) Remaja (3) Resep (7) Resep Aneka Bakwan (1) Resep aneka bubur (1) Resep Aneka Burung (1) Resep Aneka Lontong (1) Resep Aneka Pempek (1) Resep aneka seafood (1) Resep Aneka Sop (1) Sejarah (64) SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA 2008 (1) SOAL MATEMATIKA (1) Statistik (4) Tempahan (3) Tips dan Trik (4) Tips Kecantikan (3) Tips Sehat (2) Tips Wajah (3) Tokunime (1) Trik And Tips (1) Trik Menghitung Cepat Kuadrat 100-110 (1) Ujian Masuk UGM (1) Unik (1) Vedic Mathematics (1) Yang Lezat Dari Pisang (1)
Powered by Blogger.

Followers

Cari Blog Ini