• home
Home » » Printer ini Mampu Mencetak Obyek 3D Berstruktur Mikro dan Nano

Printer ini Mampu Mencetak Obyek 3D Berstruktur Mikro dan Nano


Pada Konferensi Photonics West yang diadakan pada 2-7 Februari 2013 di The Moscone Center, yaitu pameran internasional terkemuka pada bidang fotonik yang berlangsung di San Francisco (AS) pekan ini, Nanoscribe GmbH, sebuah anak perusahaan dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT) memamerkan printer 3D tercepat di dunia yang mampu menghasilkan struktur mikro dan nano.

Dengan printer ini, obyek 3D yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, dapat diproduksi dengan waktu minimum namun memiliki resolusi yang maksimum. Printer ini didasarkan pada metode litografi laser terbaru.

Sistem Litografi Laser 3D yang dikembangkan oleh Nanoscribe ini telah digunakan untuk berbagai macam penelitian oleh tim peneliti baik dari KIT maupun ilmuwan di seluruh dunia.  Penelitian mereka berkonsentrasi pada menggantikan elektronik konvensional dengan sirkuit optik yang memiliki kinerja lebih tinggi. Untuk tujuan ini, sistem Nanoscribe digunakan untuk mencetak polimer untuk memandu gelombang supaya dapat mencapai kecepatan transfer data lebih dari 5 terabit per detik.

Peningkatan Kecepatan: Jam Berubah menjadi Menit

Dengan menggunakan metode litografi laser terbaru, kecepatan cetak meningkat dengan faktor perkalian sekitar 100. Peningkatan hasil kecepatan ini didapat dari penggunaan sistem cermin galvo, yaitu teknologi yang juga diterapkan dalam perangkat pertunjukan laser atau unit scanning drive CD dan DVD. Melalui refleksi sinar laser dari cermin galvo yang berputar maka akan dapat memfasilitasi posisi laser supaya mampu fokus dengan cepat dan tepat. "Kami merevolusi pencetakan 3D pada skala mikrometer Presisi dan kecepatan yang berskala industri ini dapat dicapai oleh adanya teknologi galvo. Manfaat yang dihasilkan oleh produk kami tercipta berkat adanya penelitian yang serius selama lebih dari satu dekade pada bidang fotonik, yaitu teknologi dari abad ke-21 yang menjadi kunci kesuksesan ini," ujar Martin Hermatschweiler, Direktur Manager Nanoscribe GmbH.

Mekanisme: Two-photon Polymerization

Teknik Penulisan Menggunakan Laser secara langsung yang menjadi dasar dari metode pencetakan 3D ini didasarkan pada polimerisasi dua foton. Sama seperti kertas yang terbakar ketika terkena sinar matahari yang difokuskan melalui kaca pembesar, dimana pulsa laser ultra-pendek yang mempolimerisasi bahan fotosensitif pada titik fokus laser.

Berikut ini adalah contoh cetakannya  :
Patung yang dibuat oleh Alexander Kiesling
Gambar 1. Patung yang dibuat oleh Alexander Kiesling. (Credit: Nanoscribe)
St. Stephan's cathedral, Vienna
Gambar 2. St. Stephan's cathedral, Vienna. (Credit: Nanoscribe)
Tower Bridge, London
Gambar 3. Tower Bridge, London. (Credit: Nanoscribe)
Jet Tempur
Gambar 4. Jet Tempur. (Credit: Nanoscribe)
Mobil balap Formula
Gambar 5. Mobil balap Formula. (Credit: Nanoscribe)
Detail struktur selular
Gambar 6. Detail struktur selular. (Credit: Nanoscribe)
Lihat juga Videonya di bawah ini :



Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Karlsruhe Institute of Technology via Science Daily (8 Februari 2013). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

0 comments:

Label

Agama dan Kepercayaan (1) Analisis Numerik (1) Antropologi (1) Apa itu RME Realistic Mathematics Educations (1) Blogger (2) Budaya (1) Buku Tes IQ (1) Bus Antar Kota (1) Cake In Jar (1) CARA HITUNG CEPAT DENGAN ANGKA 9 (1) Contoh Pidato. (1) CONTOH SOAL UN 2008 SMK (1) Dampak Negatif (1) Enzim (1) Famili (1) Favorite Stories (2) Fermentasi (1) Folktales (2) Fungi (1) Geguritan (1) Hiburan (2) Holiday (1) Ikan (1) Info Sehat (5) Iptek (1) JJCM (2) Kek (3) Kek RVC (3) Keluarga (4) Kesehatan (2) Kesenian (10) Kisah Bocah SD Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika (1) Kuliner (2) Kumpulan Soal Ujian Untuk Sekolah Dasar (1) Labil (1) Lauk Pauk (1) Lirik (1) Matematika SD (2) Matematika SMA (8) Matematika SMK (1) Matematika SMP (7) Mathematic for Kids (1) Metabolisme (1) METODE BELAJAR (1) Muffin Cupcake (2) Musik (1) news (6) Olahraga (2) Operator Matematika (1) Opini (1) Pendidikan (2) PERANAN MATEMATIKA BAGI PENDIDIKAN NILAI (SIKAP) ANAK (1) Pernak Pernik (1) Persamaan Kuadrat (1) Pertanian (1) Protista (1) Puisi (1) Pupuk (1) Puzzle yang Rumit (1) Religi (2) Remaja (3) Resep (7) Resep Aneka Bakwan (1) Resep aneka bubur (1) Resep Aneka Burung (1) Resep Aneka Lontong (1) Resep Aneka Pempek (1) Resep aneka seafood (1) Resep Aneka Sop (1) Sejarah (64) SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA 2008 (1) SOAL MATEMATIKA (1) Statistik (4) Tempahan (3) Tips dan Trik (4) Tips Kecantikan (3) Tips Sehat (2) Tips Wajah (3) Tokunime (1) Trik And Tips (1) Trik Menghitung Cepat Kuadrat 100-110 (1) Ujian Masuk UGM (1) Unik (1) Vedic Mathematics (1) Yang Lezat Dari Pisang (1)
Powered by Blogger.

Followers

Cari Blog Ini